- Tidak terlalu banyak melaksanakan metode ceramah, tetapi padukan beberapa metode ajar yang dapat membuat siswa menjadi aktif menggunakan panca-inderanya.
- Memberikan contoh kepada siswa apa yang ia ingin siswa lakukan. Jika anda sebagai guru berharap siswa anda hormat pada anda, silahkan terlebih dahulu menjaga harga diri siswa anda di kelas.
- Jika marah atau kecewa pada siswa, berbicara-lah pada mereka dan bukan berteriak.
- Berbagi senyum tulus pada semua siswa. Siswa yang dicap sebagai anak yang ‘bermasalah’ akan luntur dan akan menyukai anda jika ditawarkan senyum kepadanya.
- Memotivasi siswa dengan cara yang benar dan bukan dengan cara menyindir.
- Menyelipkan humor pada tempat yang benar dan saat yang tepat.
- Mudah diajak berteman oleh siswa dan bukan menjadi teman siswa. Mudah diajak berteman artinya anda pihak yang pasif dalam berkomunikasi namun tetap dengan cara yang profesional. Berusaha menjadi teman siswa hanya akan menyulitkan situasi anda dikemudian hari.
- Penyabar dan menganggap semua siswa sedang berproses. Sedapat mungkin untuk menghindari meneruskan warisan guru lain dengan melanjutkan “cap” yang sudah diterima oleh siswa tertentu.
- Tidak memprovokasi dan terprovokasi dengan keadaan apapun di kelas.
- Tidak memaksa keinginan anda, jika berlawanan ide, tetapi berikan analogi yang dapat diterima akal yang sehat.
- Tanamkan dalam diri anda bahwa, setiap siswa memiliki karakter yang berbeda, maka ; ketahui dan dialaminya secara intens tanpa harus bertanya kepadanya.
- Tanamkan pada diri sendiri bahwa, setiap orang dapat jadi murid dan setiap murid bisa menjadi guru pada situasi-situasi tertentu.
- Tidak mengomel dan jangan menggunakan kata-kata kotor seperti: hina-an, ejekan, maki-an dan yang semisal dengannya.
- Biasakan menggunakan bahasa tubuh, manfaatkan verbal seperlunya saja, dan tidak ngelantur kemana-mana.
- Jangan menganggap diri anda lebih pintar dari siswa, dimana pada akhirnya akan membuat anda kesulitan menjawab persoalan-persoalan yang muncul dari siswa.
- Jika anda belum paham benar dengan materi yang diajarkan, maka batasi masalahnya dengan sebaik mungkin, agar siswa tidak mengetahui kelemahan anda.
- Sedapat mungkin semua siswa dihargai dengan adil dan bijaksana serta disesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya, walaupun itu sangat sedikit usahanya.
- Ciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif dengan cara-cara yang lunak.
- Tidak menvonis siswa A begini dan siswa B begitu di depan temannya, tetapi sediakan waktu senggang untuk berkomunikasi dengannya dengan cara-cara sederhana.
- Upayakan meredam dan menstabilkan emosi anda dari awal hingga akhir pembelajaran.
Related Posts
- Pengajaran MTsS/MAS Muta'allimin Berbagi Di MTsN Jeureula11 Dec 20150
Kamis, 10 Desember 2015, Pengajaran MTsS/MAS Muta'allimin Bpk. Husaini, S. Ag berbagi Aplikasi Pengolahan Nilai Guru Mata Pelajaran dan Aplikasi...Read more »
- SK Pembagian Tugas Ganjil, Roster Dan Piket TA.2015/2016 MTs/MA Muta'allimin23 Jun 20150
Download : SK Pembagian Tugas Ganjil, Roster Dan Piket TA.2015/2016 Read more »
- Bpk Mahli, S.Ag Wali Kelas MAN Sibreh Konsultasi Lanjutan Aplikasi Raport K1321 Dec 20150
Selasa, 21 Desember 2015 Menjelang siang Bpk Mahli, S. Ag Tiba di MTs/MAS Muta'allimin yang sebelumnya telah berkomunikasi dengan Bpk. Husaini, S...Read more »
- Wakur/Pengajaran MTs/MAS MUTA'ALLIMIN Berbagi Aplikasi K13 Di MTs I Samahani21 Dec 20150
Selasa, 15 Desember 2015 - Wakur/Pengajaran MTs/MAS MUTA'ALLIMIN Berbagi Aplikasi K13 Di MTs I Samahani. Aplikasi yang dibagikan merupakan aplika...Read more »
- Aplikasi Cetak SKHU Sementara.exe03 Jun 20152
Aplikasi Cetak SKHU Sementara merupakan yang memudahkan dalam mencetak SKHU Sementara, Aplikasi berbasis excel yang di formulakan dengan rumus ag...Read more »
- Kartu NUPTK Guru Tetap MTs Swasta Muta'allimin15 Aug 20150
Untuk memudahkan guru agar ngak ribet login di akun pada mu negeri serta untuk file cadangan yang disimpan yang sewaktu-waktu di butuhkan oleh gu...Read more »
- Keputusan Menteri Agama : Tentang Beban Kerja Guru Madrasah Yang Bersertifikasi29 May 20150
KMA NO 103 TAHUN 2015 TENTANG BEBAN KERJA GURU BERSERTIFIKASI DI LINGKUNGAN KEMENAG 2015 Kementerian Agama mengeluarkan suatu Keputusan yang san...Read more »
karakter guru yang selalu ada di sekolah
ReplyDelete