GuidePedia

0

Selain peran guru dalam menyajikan materi dengan metode dan bahasa yang mudah dipahami pada saat penjelasan di kelas, siswa juga harus berpartisipasi untuk dirinya sendiri agar materi yang disampaikan oleh guru di kelas dapat tersimpan rapi di memori internal otak kita. berikut kiat-kiat agar siswa mudah memahami materi pelajaran.
  • Membaca Secara Kontinyu dan Berulang-Ulang
Membaca secara kontinyu pada waktu tertentu, merupakan cara yang paling efektif  untuk terus mengasah kemampuan otak dalam mengingat. Membaca secara kontiyu bisa dilakukan setiap hari , sebagai contohnya dengan meluangkan waktu 15 menit sesudah shalat subuh, 10 menit saat istirahat pulang sekolah, 15 menit  setelah shalat ashar dan 30 menit saat malam mempersiapkan apa yang bisa dipersiapkan untuk tugas-tugas belajar besok. untuk membaca dan terus berkelanjutan di hari-hari berikutnya akan memudahkan apa yang kita baca masuk dalam otak. Penulis sendiri pernah mempraktekkan hal ini di masa SMP, sehingga halaman buku serta text buku tersimpan rapi dalam otak, saat ujian penulis bisa membuka halaman buku yang sudah terekam didalam otak tiap lembarnya. 
  • Pahami Konsep dan Tujuan Materi Pelajaran
memahami materi pelajaran yang disampaikan dalam bentuk lisan dan tulisan merupakan nalar manusia yang menerjemahkan melalui otaknya. memahami maksud dan tujuan dari materi pelajaran akan mudah mengingat materi pelajaran. Kita bisa menerjemahkan dalam bahasa kita sendiri tanpa harus kaku mengikuti kalimat orang lain. memahami materi sangat jauh berbeda dalam menghafal materi. menghafal memang sangat dibutuhkan namun akan lebih mudah bila materi bisa di pahami dan kita bisa mernjemahkannya dalam ide kita sendiri namun tujuan sama apa yang di maksud dalam materi. Sebagai contoh kita harus menghafal rumus matematika, namun sulit menggukannya kalau kita tidak bisa memahami maksud dari rumus matematik.  
  • Membuat Catatan Kecil Yang Mudah Di Bawa
Kantongi buku notes untuk menulis beberapa materi yang sulit untuk pahami atau hafalkan, catatan penting, rumus-rumus, dan konsep materi. Sekali-kali disela-sela kesibukan liriklah..!!! hal ini akan sangat membantu...!!
  • Bergayalah dan Berimajinasi Sebagai Pengajar Yang Sedang Menerangkan
Untuk yang satu ini bagi yang kurang siap mental mungkin harus menggunci kamar dan berektinglah seolah-olah sedang menerangkan materi pelajaran pada orang lain dengan suara yang lantang. Jika siap mental, ajaklah teman-teman untuk mendengarkan ceramah yang anda sampaikan. bila orang lain paham apa yang anda sampaikan berarti anda sukses untuk bisa memahami materi. cobalah berimajinasi itu akan berhasil..!!
  • Sediakan Soal dan Jawablah
Menjawab soal-soal sangat membantu dalam mengevaluasi diri anda sendiri, baik soal yang ada di buku, LKS atau buatlah soal oleh anda sendiri dan kerjakan jawabannya. Hal ini juga bisa dilakukan dengan membuat soal terhadap bahan materi yang ada dan menuliskankan jawabannya juga.

Demikian kiat-kiat agar mudah dalam belajar, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah "berdoa"  karena doa merupakan senjata orang mukmin, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua



Post a Comment

Sampaikan yang ingin anda sampaikan...!!!

 
Top